Cinta Pertama, Nafsu Pertama

Mutiara Kata Cinta
Banyak orang yang membahas cinta pertama dan menjadikan cinta pertama sesuatu hal yang istimewa. Tidak salah memang karena cinta pertama adalah pertama mendapatkan hati spesial untuk seorang yang dicintai. Cinta pertama bagaikan mutiara berkilau yang selalu dikenang banyak orang walau mustahil didapatkan lagi tentang cinta pertama yang pernah menghuni hatinya.

Sekarang saya bertanya, kapan muncul cinta pertama?

Mungkin akan menjawab dengan berbagai hal. Ada yang muncul setelah umur 15 tahun, setelah umur 20 tahun dan ada yang berkata bahwa di umur tingkat SD pun sudah bisa muncul cinta pertama.

Sekarang saya bertanya lagi, apa yang kita rasakan bila saat pertama kali jatuh cinta?

Pun, banyak yang menjawab dengan berbeda-beda. Namun intinya adalah mengarah kepada lawan jenis. Tidak mungkin membahas cinta pertama namun kecintaan pada sesama jenis.

Dari sini kita bisa menerka mengenai “Cinta Pertama” dari cara pandang ilmu Biologi. Menurut ilmu Biologi, hewan jantan di masa kawin akan mencari mangsa yang dipandang menarik atau hewan jantan itu sendiri yang membuat daya pikat untuk sang betina. Itulah bentuk proses cinta pada hewan.

Artinya apa bila tentang perkawinan hewan dikaitkan dengan manusia mengenai cinta pertama? Bisa menjawab? Mungkin anda bisa menjawab namun malu-malu, kecing...

Melihat masa kawin hewan maka anda bisa melihat bahwa orang yang mengalami cinta pertama adalah orang yang mengawali nafsu seksualnya. Cinta pertama berarti muncul nafsu seksual pertama. Kalau bukan nafsu, lantas apa makna tertarik pada lawan jenis?

Mungkin anda tidak setuju mengenai pemahaman menurut saya ini.

Oke, saya akan membuka logika anda mengenai cinta pertama dari sudut pandang mengenai cinta itu sendiri. Anda setuju bahwa cinta tidak terikat jenis kelamin. Apapun bisa kita cintai. Apalagi mencintai orang tua kita sendiri. Kalau cinta hanya menyangkut masalah ketertarikan kepada lawan jenis, maka ini pemahaman yang salah.

Apakah anda dari kecil sudah mengalami dibimbing dan diperhatikan orang tua anda? Lantas apa reaksi perasaan anda waktu kecil ketika diperlakukan dengan baik? Apakah reaksi cinta apa reaksi benci? Reaksi suka atau reaksi tidak suka? Bila reaksi anda positif maka tandanya anda cinta pada orang tua anda. Pertanyaannya, apakah ini cinta pertama anda?

Dengan memakai pemahaman “cinta pertama yang sebagai nafsu pertama” maka cinta pertama anda pada orang tua bukanlah cinta pertama. Jadi cinta pertama adalah berkaitan dengan ketertarikan dengan lawan jenis. Artinya, normal terjadi sebagai bentuk bahwa manusia seperti ini siap kawin seperti hewan. Jadi cinta pertama yang mengarah pada lawan jenis adalah sebagai bentuk nafsu pertama.

Bila dikatakan cinta pertama sebagai nafsu pertama, maka kapankah muncul cinta pertama pada manusia? Rata-rata akan muncul pada masa puber. Ciri-ciri datang masa puber adalah muncul ketertarikan pada lawan jenis. Rata-rata akan muncul ketertarikan pada lawan jenis. Namun kebanyakan remaja itu memanfaatkan ketertarikannya sebagai usaha untuk ikatan pacaran bukan ikatan pernikahan.

Dari  penjelasan di atas, apakah anda setuju mengenai cinta pertama sebagai nafsu pertama? Anda harus setuju karena ini sudah menjadi ciri khas masa pubertas.

Munculnya cinta pada lawan jenis sendiri sudah dikaji para ilmuan mengenai reaksi hormon ketika muncul perasaan cinta. Dan lagi-lagi ada sangkut-paut dengan hormon seksual.

Jadi bila memang dikatakan cinta pertama adalah nafsu pertama, kita terima saja. Sehingga dengan ini kita pun bisa memahami, cinta pertama bukanlah cinta yang spesial yang katanya sulit dilupakan. Anda bisa meriset, apa yang sulit dilupakannya? Pasti ujung-ujungnya adalah pelukannya, ciumannya, dan segala aktifitas hubungan percintaan yang pernah dialami.



gambar-gambar cinta

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya