Gapai Kesetiaan Cinta Setulus Hati

Kesetiaan Cinta
Dalam setiap jalinan cinta pasti membutuhkan kesetiaan cinta. Kesetiaan cinta maksudnya adalah setia mengikat jalinan percintaan. Tidak ada artinya hubungan cinta bila tidak ada kesetiaan.

Cinta memang berhak untuk tidak mengikat atau mengikat diri dengan sesuatu. Namun kesetiaan dalam hubungan adalah persoalan lain. Terkadang bila sudah tidak ada perasaan cinta maka sudah tidak perlu lagi kesetiaan. Dapat diartikan kesetiaan tidak harus ada cinta. Walau dalam hal “kesetiaan tanpa cinta” ini, masih merupakan kesetiaan cinta juga walau kadar cinta tidak menggambarkan cinta lawan jenis alias cinta biologis.

Ada makna tanggungjawab dalam hubungan bila kita memiliki kesetiaan cinta. Dan setia adalah bentuk tanggungjawab. Bila begitu, maka sekalipun orang memiliki rasa cinta pada kekasih namun tidak menjamin memiliki rasa tanggungjawab setia pada kekasih. Banyak perselingkuhan di balik atas nama cinta karena memang tidak memiliki rasa tanggungjawab dalam hubungannya.

Dalam hubungan kekasih maka mengharuskan memiliki komitmen. Salah satu komitmen adalah tidak mendua, baik pria atau wanita. Tidak salah memang untuk mendua selagi meminta izin untuk mendua secara hukum “hak cinta”. Namun sekali lagi harus melihat komitmen bahwa dalam jalinan kekasih tidak ada istilah mendua. Ada pelanggaran hubungan cinta bila melakukan poligami atau poliandri.

Bila memaknai dan menerapkan kesetiaan cinta yang sebenarnya maka sebenarnya dalam jalinan cinta tidak akan sering terjadi konflik cinta. Apa sih makna setia? Setia adalah taat, patuh, berpegang teguh. Anda sepakat dalam hal ini? Lalu kita hubungkan dengan makna cinta yaitu memberikan kebaikan. Maka makna setia dan cinta akan terjadi gabungan makna yaitu taat memberikan kebaikan pada kekasih salah satunya berupa komitmen yang sudah ditetapkan di awal hubungan.

Taat, patuh dalam memberikan kebaikan dalam jalinan cinta memang bisa dilakukan. Namun seperapa taat, patuhkah kita pada cinta kekasih? Sehingga, dalam hal kesetiaan cinta perlu ada usaha “pembentengan diri” agar tercegah dari segala yang menyurangi kekuatan setia.

Sebagai contoh adalah intim dengan teman lawan jenis berdua-duaan. Memang tidak ada niat untuk tidak selingkuh. Namun secara tidak langsung sudah ada untuk mengurangi kekuatan setia. Dan masih banyak contoh yang menyebabkan terkikisnya kesetiaan cinta.

Pada ujungnya, kesetiaan cinta harus dihubungkan dengan dan karena Tuhan. Tujuannya untuk selalu memperkuat kesetiaan cinta.

Kita tidak bisa menguasai diri kita sendiri. Yang bisa menguasai diri kita adalah Tuhan itu sendiri sehingga kita berkuasa atas kuasa Tuhan. Kita tidak bisa mensetiakan diri kita sendiri pada kekasih kecuali atas kuasa Tuhan memberikan kesetiaan cinta untuk kita sehingga kita kuasa setia. Ini yang penting tertanam dalam sebuah kesetiaan cinta.

Kalau sudah mengaitkan tentang kesetiaan cinta pada kuasa Tuhan, maka dalam tingkat yang tinggi seseorang akan mampu menghilangkan kekhawatiran tidak setia atau mengalami korban ketidaksetiaan kekasih. Bagi dirinya, kesetiaan cinta adalah tanggungjawab dan anugrah dari Tuhan. Apapun keadaannya, ada makna setia pada kekasih.

Dengan melihat pembahasan di atas, anda bisa memahami bahwa setia adalah skill yang harus dilatih dan di latih. Setia tidak bisa hanya diucapkan dengan kata-kata karena terbukti banyak kasus perceraian, perselingkuhan dan konflik cinta lainnya. Namun juga dengan tindakan. Tindakan setia tentunya melihat kepatutan yang akan disetiakan.

Kesetiaan cinta bukanlah tanpa syarat. Walau tanpa syarat pun tidak masalah bila memang rela dibuat bagaimanapun keadannya. Sekali lagi, setia bukan harus karena cinta. Sehingga hadir setia harus dengan syarat. Kesetiaan bisa terjadi karena kekasih layak untuk disetiakan. Maka setelah mengalami kesetiaan, cinta seseorang pada kekasih makin terasa di hati walau pada awalnya tidak memiliki rasa cinta.

Kesetiaan cinta artinya bukan harus berawal dengan cinta untuk setia. Walau memang setia karena cinta, pada umumnya. Kesetiaan cinta bisa tanpa harus ada cinta sebagai awal memunculkan rasa cinta di hati pada kekasih.


gambar-gambar cinta

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya