Tips Katakan Cinta Tanpa Canggung

Katakan Cinta
Terkadang, bahkan sering sebagian orang merasa enggan katakan cinta pada seseorang yang dicintai. Sehingga cintanya hanya terpendam dalam hati. Padahal hubungan terlanjur sudah dekat. Bila memang tidak katakan cinta maka resikonya si dia tidak akan tahu dan bisa direbut orang lain.

Haruskah katakan cinta? Harus bila memang sudah memiliki keseriusan untuk kepentingan pernikahan. Namun sering, belum tahapnya serius untuk pernikahan sudah katakan cinta demi mendapatkan status pacar. Secara hak, memang tidak salah. Namun secara kepentingan hubungan, kepentingannya apa?

Namun, entah katakan cinta untuk kepentingan pernikahan atau pacaran, di sini akan menerangkan beberapa tips untuk katakan cinta tanpa canggung. Tips ini berguna untuk anda yang belum berani dalam hal cinta pada lawan jenis.

1.    Jalin perkenalan

Dalam bentuk perkenalan, disini tidak menjelaskan bagaimana seharusnya berteman atau menjalin pertemanan dengan lawan jenis. Karena masing-masing memiliki pandangan berbeda. Ada yang tidak mau berbaur dengan lawan jenis dan ada yang bernafsu ingin berbaur dengan lawan jenis. Setidaknya disini menekankan untuk perkenalan.

Terkadang cinta muncul tidak disengaja alias tidak dibuat-buat. Baru pertama melihat bisa menimbulkan rasa yang berbeda dan selalu terkenang. Sehingga  dalam kasus ini belum menjalani perkenalan. Alangkah baiknya bila memang ada perasaan yang mungkin adalah cinta maka perlu katakan cinta pada seseorang yang dimaksud.

Bila belum saling kenal, maka lakukan perkenalan. Lakukan perkenalan dengan bahasa yang menghormati orang lain. Memang karakter orang berbeda-beda. Ada yang suka sifat alay ada yang suka sifat formal. Namun perlu kesepakatan bahwa kebanyakan orang suka untuk dihormati. Sehingga dalam menjaln pertemanan harus menggunakan sikap yang hormat pada orang lain.

2.    Lakukan trik mengirim tulisan lewat berbagai media

Trik ini dilakukan untuk orang yang memang suka membaca walaupun tidak harus rajin. Karena akan melakukan trik katakan cinta dengan tulisan. Kalau anda mengirim tulisan pada seseorang yang tidak suka membaca maka bisa sia-sia tulisan yang anda kirim. Karena orang yang tidak suka membaca, tentu tidak memperhatikan tulisan serius. Sehingga harus mengirim tulisan untuk orang yang suka membaca.

Di samping itu, memang anda sudah terbiasa menulis. Karena tulisan yang akan diberikan pada si dia harus sudah enak dibaca.

Anda bisa melakukan trik ini dengan berbagai media. Bila memang lewat sms maka dianjurkan mengirim kata mutiara. Bila memang lewat facebook maka bisa membuat tulisan artikel yang tidak terlalu panjang.

3.    Berbagi cerita inspiratif dan bermanfaat dengan tulisan

Setelah sudah saling kenal saling menerima kehadiran maka langkah selanjutnya adalah berbagi cerita inspiratif dan bermanfaat yang mengandung nilai pengembangan diri. Seperti cerita seorang anak tukang becak yang lulus kuliah dengan nilai tertinggi, misal. Lalu diberikan nilai manfaat untuk pengembangan diri.

Orang biasanya bisa tersentuh dengan tulisan yang berbau cerita. Tulisan yang berbau cerita biasanya lebih mengedepankan perasaan. Namun dalam hal tulisan cerita bukan berupa cerpen. Cerita biasa saja seperti menulis sebuah diary.

Pada akhirnya, anda harus membuat tulisan yang bertema cinta. Anda harus memandang mengenai cinta, cara berhubungan, program keluarga dan masa depan keluarga. Intinya adalah membuat tulisan tentang cerita cinta yang menggambarkan tentang anda terhadap pasangan hidup.

Dari sini anda bisa melihat respon si target.

4.    Memperhatikan respon target anda

Anda selalu memantau perkembangan sikap dia ke anda. Anda jangan sampai tidak mampu membaca sikapnya. Karena hal ini penting untuk langkah katakan cinta selanjutnya.

Bila memang respon si target bagus, menyambut hangat tentang anda, dan hal positif lainnya maka anda bisa melanjutkan membuat sikap untuk katakan cinta. Karena kalau sudah ada respon bagus dari si dia, tandanya berarti anda ada di hatinnya.

Terpenting adalah respon dia terhadap tulisan cinta anda. Bila memang menyambut baik dan membuat tulisan balik untuk anda maka tandanya dia pun sudah memiliki perhatian pada anda tentang pasangan hidup.

Menunggu respon bagus memang lama. Namun tidak apa-apa. Asal anda tidak khawatir kalau dia bisa akan dimiliki orang lain. Pecinta sejati seharusnya bangga bahwa ia juga dicintai lagi sama orang lain. Tinggal anda bersiap bersaing dengan dewasa dengan orang lain.

5.    Lanjutkan katakan cinta dengan serius

Tulisan ini tidak menyuruh anda untuk katakan cinta yang bertujuan menjalin ikatan pacaran atau langsung menjalin ikatan pernikahan. Ini terserah anda. Yang jelas, disini ingin menjelaskan titik pentingnya. Bila memang sudah mendapatkan respon bagus dari si target, kenapa tidak langsung serius saja untuk kepentingan pernikahan? Karena respon bagus jangan disia-siakan. Kecuali niat anda ingin pacaran.

Bila sudah mendapat respon bagus terutama yang membahas cinta dan keluarga sampai si target membuat tulisan balasan yang mengungkapkan dirinya juga tentang cinta, maka lebih baik menuju teknik katakan cinta yang serius. Karena sama-sama sudah memiliki kecocokan.

Anda perlu membuat pertemuan dengan sang calon kekasih sebagai usaha untuk katakan cinta. Bila wanita lebih suka didampingi orang tua atau saudara sedarahnya, maka turuti saja kemauannya untuk melangsungkan pertemuan. Karena fokus anda adalah melakukan katakan cinta dengan serius. Bagus memang bila ada saksi.

Setelah itu, apa jawaban sang target atas usaha katakan cinta anda pada si dia? Ada dua jawaban, menyuruh orang tua anda mendatangi keluarganya atau langsung menyetujui dengan syarat orang tua harus datangi keluarganya. Kedua jawaban adalah ujung tombak atas respon bagus yang diberikannya. Artinya anda diterima.


gambar-gambar cinta

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya