Tips Mewujudkan Motivasi Cinta Yang Sesungughnya

 Motivasi Cinta
Motivasi cinta? Apa itu? Begini. Anda sudah mendengar bahwa segala usaha memiliki nilai motivasi? Seperti ibadah, misal. Motivasi anda beribadah pada Tuhan apa? Nah, pasti jawabanya karena ingin masuk surga dan lainnya. Lalu kalau misalkan anda mencintai kekasih, apa motivasi cinta anda pada kekasih? Anda masih memikirkan hal ini?

Terkadang kita memikirkan perasan kita sendiri yang katanya rindu, kesepian, kecewa dan segala yang berkaitan masalah cinta. Karena orang yang dicintai tidak memperhatikan perasaan cinta kita. Salah? Tentu tidak di sisi lain. Justru yang salah terkadang kita sendiri. Karena motivasi mencintai kekasih pun tidak jelas rinciannya.

Coba anda membuat daftar mengenai motivasi cinta anda terhadap kekasih anda. Seperti contoh di bawah:

-    Ingin dicintai kekasih anda.
-    Ingin memberikan kebaikan cinta untuk kekasih.
-    Ingin menjadikan kekasih orang yang lebih baik sebelum berhubungan dengan anda.
-    Ingin kerjasama membangun kesuksesan.
-    Ingin menolong dia dari godaaan pria lain.
-    Ingin bersama-sama masuk surga bersama kekasih
-    Dll

Seperti halnya anda beribadah. Motivasi anda beribadah pada Tuhan adalah semata-mata karena ingin dicintai Tuhan yang nantinya Tuhan memasukkan anda ke surga. Jadi, dicintai Tuhan adalah merupakan tujuan. Sehingga motivasi lebih mengarah pada tujuan.

Jadi, bila berkaitan dengan motivasi cinta maka tentunya lebih mengarah pada tujuan. Intinya anda harus bertanya tentang tujuan anda mencintai kekasih. Anda harus bisa menyebutkan secara rinci dalam hal ini. Tujuan utamanya adalah agar terjalin hubungan cinta yang terencana.

Ada kasus, sepasang kekasih saling mencintai. Benar-benar tidak diragukan lagi kecintaannya. Namun yang jadi aneh, kenapa ada cinta malah sering konflik? Bisa jadi karena cintanya menurun. Ini salah satu penyebab. Namun bila melihat motivasi mereka saling mencintai, maka dapat dimungkinkan karena tidak ada motivasi yang jelas sehingga sering konflik dalam hubungan. Atau, memang tidak ada motivasi cinta yang sesungguhnya.

Seperti halnya anda beribadah pada Tuhan. Anda memiliki motivasi ingin masuk surga dalam beribadah. Ternyata anda sering meninggalkan ibadah. Lantas, kenapa di saat memiliki motivasi masuk surga malah sering meninggalkan ibadah? Jelas, motivasi masuk surga tidak kuat tertanam dalam jiwa. Bila begitu, tema masuk surga memang tidak ada kesungguhan sebagai usaha memotivasi diri agar rajin ibadah.

Bila dikaitkan dengan cinta pada kekasih maka seorang yang sering konflik dalam jalinan cinta dapat dipastikan motivasi cintanya lemah.

Lalu bagaimana agar motivasi cinta berjalan dengan baik?

1.    Merumuskan kembali apa saja motivasi cinta ada pada kekasih

Anda sepertinya belum merumuskan motivasi-motivasi cinta anda pada kekasih. Sehingga dalam hubungan anda dengan kekasih sering terjadi konflik.

Dalam jalinan percintaan, ibaratnya seperti perjalanan sebuah mobil yang dinaiki dua penumpang. Bila memang dua orang itu memiliki motivasi yang berbeda dalam perjalanan mobil maka akan terjadi kekacauan dalam perjalanan.

Anda mungkin mencintai seorang kekasih dengan berbagai motivasi. Namun pernahkah anda mencocokan motivasi cinta anda pada kekasih dengan motivasi cinta kekasih pada anda? Sehingga merumuskan kembali motivasi cinta anda adalah bertujuan untuk penyesuaian dengan motivasi cinta kekasih.

Bila memang tujuan dalam hubungan percintaan sejalan bersama maka tidak akan sering terjadi konflik.

Dalam hal ini perlu mendiskusikan dengan kekasih anda.

2.    Perlu melakukan kesungguhan menerapkan motivasi cinta anda dengan rasa nyaman

Ada memang orang yang sungguh-sungguh ingin meraih sesuatu yang sudah ditentukan. Namun karena kesungguhannya tidak dibarengi dengan rasa nyaman maka bisa menimbulkan perasaan yang tidak mengenakkan.

Sebagai contoh orang berusaha sekuat tenaga ingin kaya demi kekasihnya. Karena motivasi mencintai kekasih adalah ingin sungguh-sungguh meraih kekayaan. Namun dalam hati ada rasa tidak nyaman. Tidak nyaman bukan karena cintanya tapi motivasi cintanya yang dibuat.

Tidak harus diganti pada motivasi cinta yang sudah dibuat. Namun perlu perumusan kembali agar apa yang menjadi motivasi cintanya bisa dijalankan dengan nyaman. Mungkin lebih kepada penerapan usaha kecil terlebih dahulu. Bila memang berhasil bisa dilanjutkan dengan usaha lebih besar. Dan seterusnya melakuka proses dari kecil menuju besar.

3.    Saling bantu-membatu dalam mewujudkan motivasi cintanya

Bisa jadi motivasi anda adalah ingin menghasilkan anak yang pintar dan soleh-solehah bersama kekasih anda. Namun anda tidak mampu secara maksimal dalam menjalankan hal ini. Anda sadar diri bahwa kemampuan anda tidak seberapa dibanding kekasih anda. Maka dari itu, sebagai kekasih yang memiliki motivasi yang sama maka bisa membantu anda untuk mewujudkannya.

4.    Mengevaluasi motivasi cinta anda bersama kekasih

Ada beberapa motivasi cinta yang berhasil diwujudkan. Ada juga yang belum terwujud walau sudah berusaha dijalankan. Maka perlu mengadakan evaluasi cinta dengan kekasih anda untuk membahas motivasi cinta yang belum terwujud atau yang sudah terwujud. Dengan menjalankan evaluasi cinta maka bisa menghasilkan jalan keluar yang lebih baik.

***

Sudah cukup penjelasan mengenai motivasi cinta ini. Terakhir, motivasi yang terbaik adalah bersama-sama menjalin hubungan agar dicintai Tuhan sampai akhir hayat.

gambar-gambar cinta

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya