Tips Memperkuat Cinta Sahabat Dengan Tulus - Kata Kata Cinta

Persahabatan laksana lampu yang menerangi kehidupan pergaulan. Tidak ada sahabat maka seakan hidup terasa gelap. Mencoba mencintai sahabat dan dicintai sahabat seperti menyatukan minyak, sumbu dan api untuk memberikan penerangan. Menjadi satu untuk pencerahan hidup.


Apa yang anda lakukan terhadap sahabat? Apakah mencoba memadamkan lampu? Atau berusaha menjaga agar lampu tetap menyala-nyala? Sahabat yang baik adalah yang mencoba untuk menjaga lampu agar tetap menyala-nyala.

Ketika muncul sahabat spesial yaitu kekasih, terkadang kita melakukan “balik badan” dengan sahabat dan lebih memilih menghadap badan pada sahabat spesial. Apakah ini terjadi pada kehidupan anda atau anda sendiri yang sudah melakukan posisi balik badan terhadap sahabat?

Persahabatan adalah segalanya dalam kehidupan yang hidup. Tidak ada sahabat maka tidak ada jalinan sosial. Hal ini tentu membahayakan kehidupan manusia. Seorang sufi yang melupakan bergaulan pun dalam hatinya selalu mendoakan sesama manusia. Dan diam-diam seorang sufi memberikan hal terbaik pada sahabatnya.

Untuk itu, penting melakukan usaha untuk memperkuat cinta pada sahabat. Berikut yang perlu anda lakukan:

1.    Memberikan selalu ucapan yang bernada positif

Anda memang sudah terbiasa bergurau dengan sahabat anda sampai becanda ejek-ejekkan. Namun, anda perlu memperhatikan ejekkan anda. Coba anda mengejek orang tua anda walau orang tua sudah menjadi sahabat anda. Apakah berani mengejek orang tua anda? Nah, bila tidak berani, karena memang anda memiliki rasa cinta yang lebih besar daripada ke sahabat. Bahkan bila sering sekali melakukan becanda ejek-ejekkan maka patut diragukan kecintaan pada sahabat.

Jadi, jangan sering melakukan becanda ejekkan. Harus lebih banyak memberikan ucapan yang bernada positif. Terdengarnya adem bila memberikan nada positif. Coba anda dengarkan sendiri baik-baik ejekkan anda tanpa mengenal apakah bercanda atau serius. Maka alam bawah sadar hanya mengenal bahwa kalimat ejekkan adalah kalimat negatif, terlepas apakah becanda atau tidak.

2.    Memberikan kado ulang tahun bukan penghinaan ketika sahabat ulang tahun

Teringat waktu masa SMA? Apa yang anda lakukan terhadap sahabat yang sedang berulang-tahun? Kebiasaan yang dilakukan adalah penghinaan yaitu dengan melemparkan telur busuk, air kotor, tepung dan lainnya. Betul? Ingat, alam bawah sadar tidak mengenal bercanda atau serius. Yang dikenal alam bawah sadar adalah penghinaan adalah perbuatan buruk.

Budaya ulang tahun seperti lempar telur busuk adalah budaya pengrusak rasa cinta pada sahabat. Jelas, itu bukan identik dengan kecintaan. Apakah harus begitu ke orang tua? Tidak kan? Karena memang cinta ke orang tua. Cinta ke seseorang adalah memberikan penghormatan bukan penghinaan.

3.    Merespon status sahabat di Facebook

Ada dua respon dalam status Facebook yaitu like dan komentar. Perhatikan baik-baik sahabat anda. Apakah tidak pernah merespon status anda? Bila memang bukan sahabat terdekat anda yang berkomentar atau like, lalu siapa lagi?

Bila belum pernah sama sekali merespon status anda di Facebook, patut dipertanyakan keseriusan bersahabat dengan anda. Namun jangan berburuk sangka. Barangkali sahabat anda jarang membuka Facebook atau tidak melihat status anda. Intinya adalah, bila tidak pernah sama sekali merespon apalagi lewat inbox, maka lebih baik anda berfokus merespon balik pada sahabat yang tulus memberikan respon. Tetap, anda menyambut baik sahabat yang acuh pada status anda.

Sahabat sejati tidak akan membalas keburukan dengan keburukan. Untuk itu, cintailah dengan tulus.

4.    Memberi SMS dan membalas SMS

Bila memang sahabat anda rajin SMS-an namun tidak pernah SMS atau jarang membales pada anda maka patut diragukan penerimaan persahabatannya dengan anda. Sahabat yang mengakui sahabat pasti akan mereson SMS dan mengirim SMS untuk sahabat. Tentu bila memang ada pulsa. Bila tidak ada pulsa biasanya pun akan mengucapkan maaf.

Namun anda tetap memperlakukan sahabat dengan baik dengan cara mengirim SMS dan membalas SMS bila sahabat anda SMS. Cintailah dengan ketulusan.

5.    Membuat waktu bersama untuk berbagi dan sebagainya

Hal ini yang paling penting dilakukan dikala sahabat yang ada saling berdekatan. Kecuali berjauhan yang membutuhkan waktu, tenaga dan uang yang banyak untuk berkumpul. Tidak ada persahabatan bila memang tidak mau berkumpul dengan sahabatnya. Kecuali memang ada hal-hal yang menghalangi berkumpul. Intinya adalah, tradisi persahabatan adalah berkumpul bersama sahabat secara langsung.

Untuk itu, penting membuat waktu bersama sekedar berbagi, bersedang-senang atau hal positif lainnya. Karena adab persahabatan yang baik adalah memberikan jadwal bertemu dengan sahabat. Kita tidak tahu sahabat kita sedang berbuat apa: sibuk atau nganggur. Maka lebih baik menanyakan hal ini untuk mengetahui keadaannya bila memang mau berjumpa. Tinggal SMS, kabar datang. Bila memang tidak lama berkumpul, tidak perlu bertanya tentang waktu bertemu.

***

Lima hal memperkuat cinta sahabat di atas memang hanya beberapa saja. Masih banyak yang perlu anda lakukan untuk menguatkan cinta ke sahabat dan cinta sahabat ke anda.

Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!