Tips Tahan Banting Putus Cinta - Kata Kata Cinta

Putus cinta disini termasuk juga kasus perceraian. Karena pada hakekatnya, putus cinta terjadi ketika sudah terjalin hubungan pernikahan. Pada dasarnya memang tidak ada istilah pacaran. Namun kasus sekarang, putus cinta sudah meluas terjadi pada hubungan yang tidak resmi seperti pacaran.


Apakah anda pernah merasakan putus cinta? Kebanyakan orang mengalami putus cinta. Bahkan satu orang bisa mengalami putus cinta berkali-kali, baik hubungan resmi atau tidak resmi. Putus cinta memang menyakitkan. Namun katanya, bila takut putus cinta, jangan sekali-kali berhubungan cinta. Anda merasa takut putus cinta?

Sekilas, memang ada benarnya, bahwa bila takut putus cinta maka jangan sekali-kali berhubungan cinta. Bahasa lainnya adalah jangan melakukan hubungan pernikahan atau pacaran bila memang takut bercerai. Kalau begitu ceritanya, jangan mau bersosial bila memang takut putus silaturahmi. Betulkah? Ternyata, salah juga.

Ternyata yang ditakuti adalah sakit hatinya. Bukan karena putus cintanya. Putus cinta bila memang terasa lega di hati, tidak masalah tuh.

Anda pernah merasakan sakit hati karena putus cinta? Kebanyakan orang kalau mengalami putus cinta biasanya merasakan sakit hati. Bila memang anda pernah sakit hati, bagaimanakah sakit hatinya?

A.    Saya akan memberikan cara pandang mengenai sakit hati sebelum memberikan tips tahan banting terhadap putus cinta. Berikut cara pandang terhadap sakit hati:

Anda setuju tidak bila anda ditampar yang sakit adalah fisik? Atau ketika anda dihina yang sakit adalah hati? Tentu anda setuju dalam hal ini.

Kenapa anda sakit fisik bila ditampar? Karena ada aksi saling beradu fisik yang menyebabkan reaksi kulit terasa sakit. Seandainya anda ditampar dari jarak jauh, apakah akan terasa sakit?

Lalu kenapa anda sakit hati padahal bukan karena hasil reaksi saling beradu fisik tetapi hasil pukulan jarak jauh walau masih terlihat? Seandainya anda tidak mengerti tema sakit hati, apakah anda akan sakit hati? Sebagai misal anda dihina dari jauh sampai anda tidak melihat dan mendengar hinaannya, apakah anda akan sakit hati?

Secara logika, anda merasakan sakit hati karena terlebih dahulu direspon oleh beberapa indera seperti mendengar atau melihat. Lalu dari indera akan disalurkan ke otak untuk pikiran. Karena pikiran anda mengerti tema sakit hati dan jenis-jenis yang membuat anda sakit hati, anda bisa sakit hati. Karena ada orang yang melakukan pada jenis-jenis yang membuat anda sakit hati. Maka hati anda akan merasakan sakit setelah respon dari otak.

Jadi pikiran memiliki peran penting yang membuat anda sakit hati. Coba bila pikiran anda pura-pura tidak mengerti mengenai jenis-jenis yang membuat anda sakit kati, maka bisa saja hati anda tidak sakit. Karena memang, hati pada dasarnya bersifat “toleransi” “ikhlas” terhadap hal-hal buruk.

Anda  mengerti hal ini? Bila mengerti, anda mungkin sudah punya gambaran bagaimana tahan banting terhadap putus cinta. Dan tips putus cinta ini berlaku untuk segala hal yang membuat anda sakit hati seperti dikhianati, dihina, dibuli, atau lainnya.

Berikut tips tahan banting terhadap putus cinta dan hal-hal yang membuat anda sakit hati:

1.    Lakukan olah fisik yang berfokus pada pernafasan

Sakit hati masih ada kaitannya dengan fisik. Karena faktor respon otak untuk hati. Ini pertolongan pertama untuk mengatasi rasa sakit hati. Sakit hati mengakibatkan terganggunya pernafasan. Coba perhatikan orang yang menangis-nangis karena sakit hati, pasti nafasnya terganggu.

Ketika anda putus cinta yang menyebabkan sakit hati, segerlah berolahraga yang berfokus pada pernafasan. Tujuannya agar pernafasan menjadi lega. Bila pernafasan terasa lega maka efek putus cinta tidak akan terlalu mengena dalam hati.

Ada orang yang sakit hati sampai lemas badannya. Karena memang ini masalah pikiran yang membuat lemas. Lakukan pertolongan pertama yang menyebabkan pikiran segar. Bisa meminum minuman yang mengandung vitamin dan mineal.

2.    Jangan terlalu menyibukkan pikiran

Kenapa di zaman modern ini, justru konflik percintaan sering terjadi terutama mengenai putus cinta? Karena memang ini adalah zaman super sibuk keduniaan. Kesibukan pikiran menjadi salah satu sebab timbulnya konflik. Bila pikiran sudah penat, lelah, dan terganggu maka mudah untuk emosi dan tidak berpikir panjang. Sering orang tersadar telah salah melakukan sesuatu ketika pikiran tenang.

Begitu juga sakit hati karena putus cinta. Itu karena kesibukan pikiran mengenai hubungannya. Harus begini, jangan begitu, kenapa begitu dan lain sebagainya. Di tambah dengan kesibukan pada keduniaan yang lainnya. Maka dalam kondisi pikiran mumet, stres, tidak tenang, maka mudah untuk sakit hati bila ada aksi apalagi putus dengan orang yang kita cintai. Karena putus cinta adalah salah satu jenis yang menyebabkan sakit hati.

Anda harus selalu melatih pikiran untuk bisa masuk dalam kondisi Alfa-Theta. Anda bisa mendengarkan musik khusus brainwave, musik slow, hiburan, melamun indah, pijat rileksasi, dan lainnya. Kurangi terus informasi-informasi negatif seperti gosip, sinetron yang membuat emosi buruk, dan lainnya.

3.    Lupakan jenis-jenis yang membuat anda sakit hati

Ada yang berkata, semakin keras usaha untuk melupakan sesuatu maka justru akan selalu teringat-ingat sesuatu yang ingin dilupakannya.

Jadi, maksud melupakan jenis-jenis yang membuat anda sakit hati adalah pura-pura lupa alias tidak tahu tentang sakit hatinya. Anggap saja putus cinta adalah pisah rumah dengan kekasih. Atau anggap saja putus cinta adalah anugerah terbaik karena dengan putus cinta berarti terbebas dari beban bersama kekasih. Intinya, bersikaplah seperti anak kecil yang belum tahu mengenai jenis-jenis yang membuat dirinya sakit hati.

4.    Melakukan kerjasama dalam melakukan hal di atas

Ini sebagai upaya pencegahan timbulnya hal-hal yang membuat anda pernah sakit hati. Memang, bila sudah bisa mengatasi sakit hati akibat putus cinta maka akan terasa nikmat. Namun tetap saja, anda pun harus berupaya untuk penjegahan agar tidak lagi muncul putus cinta yang membuat anda pernah merasakan sakit hati.

Bila memang terjadi kerjasama sebuah ketenangan pikiran dalam hubungan percintaan, maka akan saling menerima dan saling siap apapun yang terjadi. Bisa jadi sampai akhir hayat hidupnya selalu damai, tenang, sejuk dan lainnya.

Di samping itu, bersikap saling melupakan hal-hal yang membuat sakit hati maka akan kembali pada masa anak-anak yang mudah lupa dengan hal-hal tidak enak dan hanya memikirkan yang enak-enak.


***

Saya kira, cukup seperti itu saja tips mengatasi sakit hati akibat putus cinta dan agar tahan banting terhadap putus cinta. Tentunya, bisa digunakan untuk kepentingan apa saja yang membuat hati anda terasakan sakit akibat aksi orang lain.

gambar-gambar cinta

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya