Tips Membuat Puisi Cinta untuk Kekasih - Kata Kata Cinta

Puisi cinta? Kenapa ya dengan puisi cinta? Hm... rata-rata orang yang sedang dimabuk cinta maka kata-katanya akan mendadak indah. Ya, puisi sendiri artinya adalah seuatu kalimat yang diindahkan, sederhananya. Jadi, dunia cinta dengan dunia puisi saling berkaitan.


Bahkan, kegiatan flirting yang paling menyentuh hati adalah bila dilengkapi dengan memberikan puisi cinta. Flirting sendiri artinya adalah sebuah bentuk candaan/godaan/ejekan yang akan menghasilkan sebuah bentuk ikatan batin. Jadi, penting menggunakan puisi dalam kegiatan flirting. Karena unsur keindahan bahasa yang dibuatnya mampu membuat kekasih merasa mendapatkan nilai lebih daripada perkataan biasa.

Namun, masalahnya adalah tidak semua orang suka membuat puisi dan suka membaca/mendengarkan puisi. Ada yang menganggap bahwa memberikan puisi adalah seperti kegiatan anak abg yang baru merasakan dunia cinta. sebaliknya, orang yang diberikan puisi akan menganggap bahwa dirinya telah dianggap anak abg.

Benarkah? Dalam kontek, asal membuat puisi cinta dan tidak tepat waktu juga dalam memberikan puisi maka bisa jadi dianggap seperti anak abg yang baru merasakan cinta. Namun bila dibuat sesuai karakter masih-masing kekasih dan sesuai lainnya, maka tentu ini tidak dianggap seperti puisi cinta gaya anak remaja.

Ada juga yang suka dengan kegiatan berpuisi cinta untuk kekasih namun masih memiliki kendala seperti malu, tidak percaya diri dan sebagainya. Namun hal ini tidak menghalangi untuk bisa bersikap romantis dengan kekasih. Karena berpuisi sendiri adalah salah satu bentuk keromantisan.

Untuk itu, perhatikan dulu tata-cara pembuatan puisi sebelum anda memberikan puisi cinta untuk kekasih.

1.    Sebelum membuat puisi untuk kekasih, pahami karakter anda dan kekasih

Karakter di sini, bisa karakter tentang hubungan anda dengan kekasih, juga bisa karakter per individu. Lalu pahami efek karakter pribadi dengan kegiatan percintaan anda dengan kekasih. Lalu anda pahami betul karakter dalam pembuatan puisi.

Bila memang karakter masing-masing pribadi adalah humoris, lalu efek dari karakter humoris itu menghasilkan hubungan percintaan yang harmonis juga, sampai tidak segan-segan sering puji-memuji antar sepasang kekasih, maka memberikan puisi untuk kekasih adalah jalan bagus.
Berbeda kalau salah satu karakternya kolot, di tambah hubungannya sering konflik, maka jalan memberikan puisi adalah tidak bagus.

2.    Jangan membuat puisi yang terkesan asing namun jangan sampai melupakan keindahan

Banyak sekali puisi-puisi yang kalau dipahami maknanya akan dianggap sulit. Pertama karena memang menggunakan kosakata yang masih asing di dengar. Kedua, karena menggunakan bahasa kiasan sehingga tidak jelas maksud sebenarnya.

Bila anda memberi puisi cinta pada kekasih anda tentang puisi yang masih dianggap “asing”, maka sia-sia saja memberikan puisi. Paling kekasih anda akan sekedar takjub namum tidak mengerti makna puisi yang telah dibacanya. Kecuali kekasih anda sudah paham mengenai puisi.

Maka dari itu, berusahalah tidak menggunakan kosakata asing dalam membuat puisi kecuali untuk lomba puisi. Namun tidak juga tidak menghilangkan keindahan.

Sebagai contoh puisi cinta yang mudah dipahami:

“Kenangan cinta dalam genggaman jemariku,
merangkai kata cinta seindah rangkaian raut wajahmu.
Tuhan memberikan makna cinta dalam segelas kopi.
Kau memang peracik kopi tercantik di setiap kesetiaan pagi, untukku.”

Mudah dipahami bukan dalam rangkaian katanya?

3.    Sadari, apakah anda seorang sastrawan atau orang biasa

Bila memang anda seorang sastrawan atau bahasa sederhananya adalah seorang yang suka rajin puisi, maka alangkah baiknya sering memberikan sebuah puisi cinta untuk istrinya. Pada momen tertentu, anda membuat kumpulan puisi - yang sudah dibuat -  untuk dijadikan buku sebagai hadiah atau apalah. Tentu harus mengandalkan desain buku dan percetakan buku agar menghasilkan tampilan buku yang bagus.

Namun kalau orang biasa, orang yang boro-boro pandai membuat puisi, maka membuat puisi di momen tertentu adalah yang terbaik. Karena memang membuat puisi memang susah. Namun kalau untuk momen tertentu, bisa deh mendadak jago. Bakal keliatan bagus karena tertutupi momen tertentu yang indah.

4.    Menematkan puisi cinta di tempat yang layak bertempat

Bagaimana seharusnya menempatkan puisi cinta di tempat yang layak? Tentu, pemberian puisi seorang penyair berbeda dengan pemberian puisi orang biasa untuk kekasih. Artinya, kalau seorang penyair pasti memiliki banyak koleksi puisi. Tidak mungkin di lahap semua kan? Otomatis akan membuatkan sebuah puisi yang akan dipersembahkan untuk kekasih. Kalau orang biasa memberikan puisi lewat jalur menulis, wah, idahnya puisi dimana? Karena orang biasa jarang membuat puisi

Namun, seindah-indah puisi adalah ketika puisi diucapkan oleh si pembuat puisi. Jadi, walau seorang penyair atau orang biasa, tetap ada puisi yang harus diucapkan. Bagaimana mengucapannya? Nah, ini sudah masuk pada kondisi masih-masing pasangan.

Intinya adalah, puisi adalah karya seni. Maka perlakukanlah puisi cinta dengan seni juga. Seindah-indahnya puisi cinta kalau memberikan puisi sambil di sambut oleh muka masam, ya tidak indah lagi.



gambar-gambar cinta

Dapatkan Langganan Seputar Cerita Arafah Rianti Dan Karya Tulis Lainnya